Selamat Hari “KARTINI” 21 April 2016

admin April 21, 2016 0
Selamat Hari “KARTINI” 21 April 2016

Akademi Kebidanan Haga Gunung Sitoli mengucapkan selamat hari Kartini 2016, semoga dibawah sentuhan kehangatan dan ketulusan para wanita sebagai tiang negara, Kartini-kartini baru akan lahir dari mahasiswi Akbid Haga di masa kini dan akan datang, semoga menjadi generasi yang kuat, tangguh juga ikhlas dalam beramal.

tak terasa kita sudah melewati pertengahan di bualn April. Di mana nanti pada tanggal 21 April bangsa Indonesia akan memperingati Hari Kartini sebagai bentuk untuk mengenang jasa jasanya yang sangat besar untuk bangsa kita.

Seperti di ketahui , Kartini semasa jaman penjajahan memang tidak ikut bertarung di medang peran , namun memiliki peran besar untuk mengangkat derajat kaum wanita saat itu agar di sejajarkan dengan kaum pria terutama dalam hal memperoleh pendidikan.

Sosok Kartini yang di lahirkan 21 April 1879 merupakan anak dari keturunan Raden Mas Adipati Ario Sosroningrat yang merupakan bupati Jepara saat ini. Dan ibunya bernama M.A. Ngasirah yang juga merupakan keturunan dari Kyai Haji Madirono salah satu tokoh agama di Jepara saat itu.

Kartini yang saat itu sempat menimba ilmu lewat di sekolaha ELS (Europese Lagere School) harus terhenti di usia 12 tahun karena tradisi di pingit atau larangan keluar rumah untuk para gadis saat itu. Meski begitu semangat belajar dan menuntut ilmu Kartini tak pudar meski hanya lewat goresan surat surat yang di kirim kepada teman temannya yang saat itu kebanyakan dari Belanda.

Dan akhirnya Kartini di sunting KRM Adipati Ario Singgih Djojo Adhiningrat yang merupakan Bupati Rembang. Beruntung keinginan Kartini untuk bisa mendirikan sekolah khusus wanita saat itu mendapat izin dari suaminya. Namun cita cita Kartini harus terhenti terlalu dini , karena kemudian meninggal dunia di usia 25 tahun bertepatan dengan tanggal 17 September 1904 setelah beberapa hari melahirkan anak pertama dan terakhirnya yang bernama Soesalit Djojoadhiningrat pada tanggal 13 September 1904.

Untuk mengenang jasa jasanya yang cukup besar , akhirnya bangsa Indonesia menetapakan setiap tanggal 21 April di peringati sebagai hari Kartini dengan karyanya yang di kenal “Habis Gelap Terbitlah Terang “.

Leave A Response »