SEJARAH

SEKILAS MENGENAI AKADEMI KEBIDANAN HAGA

Sejarah berdirinya Akademi Kebidanan Harapan Keluarga

Berdirinya Yayasan Harapan Keluarga diawali dari adanya keinginan pendiri yayasan untuk mengabdi mengembangkan SDM Kesehatan didaerah Nias Sebagai wujud Kepedulian terhadap membangun daerah asal dari pendiri yang selama ini berdomisili didaerah lain yaitu di Kota Medan. Pulau Nias yang secara geografis berada didaerah barat Indonesia dan terpisah dari daratan Sumatera. Dapat dikategorikan terasing atau terisolir dari perkembangan Iptek. Minimnya akses masyarakat Nias mengikuti pendidikan Tinggi bidang kesehatan, mendorong Yayasan membentuk Akademi Kebidanan didaerah ini. Kemudian mengingat sampai saat ini di Pulau Nias belum ada pendidikan yang menyelenggarakan jenjang D-III dibidang kesehatan, maka yayasan merasa terpanggil untuk membentuk yayasan yang menyelenggarakan pendidikan dibidang kesehatan.

Pengalaman para pendiri Yayasan lain yang menyelenggarakan pendidikan Keperawatan dan Kebidanan bahwa kegiatan ini akan membantu pemerintah dalam mengembangkan SDK Kesehatan dan memiliki pengaruh terhadap peningkatan derajat kesehatan. Dengan demikian timbul niat membentuk Yayasan Harapan Keluarga mengembangkan pengalaman bersama untuk meningkatkan mutu pendidikan khususnya dibidang Kebidanan di Wilayah Kabupaten Nias Propinsi Sumatera Utara.

Untuk meningkatkan mutu pelayanan kesehatan dibidang keahlian dan banyaknya minat masyarakat baik lulusan SMU dan SPK maupun Bidan untuk mengikuti  pendidikan kebidanan maka didirikan Yayasan Harapan Keluarga di Nias yang diharapkan dapat menyelenggarakan Program D-III Akademi Kebidanan yang berdomisili di wilayah Kabupaten Nias Propinsi Sumatera Utara.